5 Mesin Pencari/Search Engine Terbaik Selain Google

Setiap kita pasti sudah sering mendengar dan menggunakan Google sebagai mesin pencari (Search Engine) di dunia internet. Bukan rahasia juga kalo saat ini Google ini merupakan yang terbaik di seluruh dunia dan paling banyak di gunakan oleh user dari berbagai negara.

Walaupun demikian, jika kita lihat dengan seksama  ternyata Google ini bukan merupkan satu-satunya mesin pencari yang ada selama ini karena di luar sana masih ada banyak mesin pencari lainnya selain Google atau bisa saja nantinya  ada yang baru lagi.

Hal ini mungkin di sebabkan adanya kekhawatiran dari berbagai pihak terhadap Google yang akan menguasai semua jaringan internet nantinya, sehingga munculah mesin pencari lainnya yang turut bersaing dengan perusahaan asal negara adi kuasa tersebut.

Berbicara megenai mesin pencari jika kamu belum mengenal apa saja mesin pencari tersebut, berikut ini adalah beberapa mesin pencari terbaik selain Google yang bisa menjadi pilihan.

Baca juga : 15 Web Browser Internet Terbaik, Tercepat, Dan Teraman Untuk PC Serta Mobile Phone

Bing

5 Mesin Pencari/Search Engine Terbaik Di Dunia Selain Google
Bing adalah merupkan mesin pencari milik Microsof yang diperkenalkan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada tanggal 28 Mei 2009 pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni.

Mesin pencari Bing ini diciptakan dengan menggunakan teknologi PowerSet yang telah dibeli Microsoft dari sebuah perusahaan Start-UP pada tahun 2008 lalu. Teknologi PowerSet ini memiliki kelebihan untuk memungkinkan penggunanya dalam memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat bahkan dalam subuah kalimat sekalipun.

Walaupun demikian mesin pencari ini masih berada di urutan kedua sebagai mesin pencari terbaik karena saat ini telah kita ketahui bahwa Google sangat mendominasi pangsa pasar sebesar 64,5 persen untuk bagian US.


Yahoo! Search

5 Mesin Pencari/Search Engine Terbaik Selain Google Saat Ini
Yahoo! Search engine adalah situs mesin pencari yang di miliki oleh Yahoo! dan di luncurkan pada 1 Maret 1995. Menurut Wikipedia, Yahoo! Search, awalnya tidak memiliki web yang sebenarnya serta penyimpanan data. Kesumuanya itu dilakukan Yahoo! itu sendiri.

Nanti pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen. Setelah itu, Pada 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search.


Baidu

5 Mesin Pencari/Search Engine Terbaru dan Terbaik Selain Google
Baidu adalah merupakan perusahaan layanan web yang didirikan oleh Robin Li dan Eric Xu pada tanggal 18 Januari tahun 2000 di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Baidu mulai di kenal sejak tahun 2010, ketika itu Google tak dapat diakses secara legal di Cina. Akibatnya para  pemain lokal,seperti Baidu, secara otomatis makin sukses di negerinya sendiri.

Dengan situasi tersebut tidak heran jika saat ini Baidu sendiri telah menjadi raksasa mesin pencari untuk negeri tirai bambu tersebut dengan menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam bahasa Mandarin.

Walaupun demikian Baidu sendiri bisa di bilang belum bisa menyaingi Google yang telah menjadi raksasa mesin pencari di dunia dengan jumlah pengguna terbanyak hingga saat ini.


Yandex

5 Mesin Pencari/Search Engine Terbaik Selain Google Yang Paling Banyak Di Gunakan
Yandex adalah singkatan dari “Yet Another Indexer”merupakan perusahaan layanan internet  yang didirikan oleh Arkady Volozh (CEO), Arkady Borkovsky, Ilya Segalovich dan Elena Kolmanovskaya pada 23 September 1997. Ketika itu banyak orang bergantian menggunakan Yndex walau hanya mengindeks sekitar  5.000 situs web dalam morfologi bahasa Rusia.

Yandex sendiri saat ini bisa di bilang cukup sukses merajai Rusia dan menempati peringkat ke-4 sebagai mesin pencari terbesar di seluruh dunia. Namun, di bekas negara-negara Sovyet seperti Ukraina dan Kazakhstan Yandex lebih populer jika dibandingkan Google.

Walaupun demikian CEO Yandex, Arkady Volozh tampakanya sangat optimis bahwa sesungguhnya  Yandex jauh lebih maju dari itu (Google).


DuckDuckGo

Mesin Pencari/Search Engine Terbaik Yang Mengutamakan Privasi
DuckDuckGo adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg bersama timnya yang tergabung dalam DuckDuckGo Inc. Secara resmi mesin pencari yang katanya mengutamakan privasi ini di luncurkan pada 25 September 2008 lalu.

Kelebihan DuckDuckGo terletak pada informasinya yang erasal dari berbagai sumber, seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Bing, Yandex, Yahoo,  dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya.

Saat ini perusahaan (DuckDuckGo) berbasis di Paoli, Pennsylvania, Amerika Serikat di Philadelphia Raya. Nama DuckDuckGo sendiri diambil dari permainan anak-anak bebek, bebek, angsa atau duck, duck, goose.

Post a Comment

0 Comments