Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula

Canva adalah sebuah tools desain online yang pada awalnya bernama Fusion Books.  Fusion Books sendiri merupakan alat desain online yang di kembangkan oleh  Melanie Perkins dan Co-founder Cliff Obrecht pada sekitaran tahun 2012. Tools ini  mulanya hanya bertujuan untuk memudahkan para siswa dan guru dalam membuat buku tahunan mereka sendiri. Namun menyadari bahwa teknologi yang sedang mereka kembangkan dapat digunakan jauh lebih luas lagi. Maka Melanie Perkins dan Cliff Obrecht sepakat untuk mengalihkan ke Cameron Adams sebagai Co-founder Canva.


Fitur-Fitur Canva

Fitur-fitur Canva bisa di katakan sangatlah lengkap karena dapat memudahkan siapapun dalam mengerjakan project yang berkaitan dengan desain grafis. Fitur-fitur tersebut antara lain, fitur pelurus foto, fitur pemangkas gambar (crop image), fitur penambah teks ke foto, fitur pembuat gelembung percakapan (seperti di komik), penyempurna foto, pemburaman foto, Vinyet foto (kesan jadul), Ikon gratis, bingkai foto, stiker, dan masih banyak lagi yang bisa kita coba.

Fitur-fitur ini sangat berguna dan sudah banyak di gunakan untuk pembuatan feeds media sosial (Cover atau Background foto Instagram, Facebook, Twitter, dll), media promosi (Canva untuk Iklan Digital, ), pembuatan template dokumen (Menggunakan Canva untuk CV, Presentasi dll), konten blog,  pembuatan announcement, hingga cover e-book.


Kelebihan dan Kekurangan Canva

Kelebihan  Canva
  • Canva tidak perlu di instal di komputer karena berbasis aplikasi web.
  • Canva mendukung bahasa jawa, sunda, Indonesia, dan lain-lain.
  • Tampilan Canva sangat sederhana namun user friendly.
  • Mudah di gunakan oleh siapapun karena adanya fitur drag and drop.
  • Tersedia berbagai font dan template yang menarik.
  • Hasil project desain dapat di download dan di simpan dalam berbagai format (JPG,PNG,PDF,dll).
  • User atau pengguna Canva dapat membagikan hasil karya mereka serta melakukan kolaborasi dengan tim atau desainer lainnya dalam hal menghasilkan desain yang lebih menarik dan profesional.

Kekurangan  Canva
  • Canva membutuhkan koneksi internet untuk dapat digunakan.
  • Di butuhkan biaya 1$/project untuk dapat mendownload atau menyimpan file Canva ke komputer untuk penggunaan layout atau back ground premium. 

Saran : gunakan gambar/foto sendiri saja

Baca juga : 10 Situs Penyedia Gambar serta Foto Gratis Legal



Cara Menggunakan Aplikasi Canva 

1. Cara Membuat Akun di Canva 

Sebelum menggunakan aplikasi Canva, terlebih dahulu kita harus melakukan pendaftaran atau registrasi. Tidak perlu khawatir karena mendaftar ke Canva gratis! alias tidak di pungut biaya. Untuk itu langsung saja ikuti tutorial di bawah ini untuk membuat akun di Canva.

Cara Terbaru Mendaftar Di Canva
Gambar 1 : Tampilan Halaman Utama Canva

Silahkan menuju official site Canva di www.canva.com dan akan muncul tampilan seperti di atas. Pilih salah satu sesuai dengan kriteria masing-masing. Supaya tidak bingung pilih saja Personal (home, family or friends) hingga muncul tampilan pendaftaran menggunakan akun Facebook, Gmail (akun Google), dan Sign Up With Email


Jika ingin cepat silahkan pilih salah satu tadi, menggunakan Facebook atau Gmail. Namun, jika memilih mendaftar seperti biasa silahkan pilih Sign Up With Email dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cara Registrasi Di Canva
Gambar 2 : Cara Mendaftar Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Nama Lengkap : Isikan User Name, tidak perlu nama sasli.
  2. Email : Isikan email aktif.
  3. Konfirmasi Email : Isi kembali email yang sama dengan di atas tadi (No. 2).
  4. Kata Sandi : Isikan password.
  5. Seperti biasa, centang untuk mengkonfirmasi kalau anda bukan robot dengan cara mengisi CAPCTHA.
  6. Klik Daftar.

Setelah melakukan pendaftaran seperti di atas maka akan muncul tampilan yang menanyakan Apa pekerjaan anda? Silahkan lewati saja dengan mengklik pada bagian bawah. Begitu juga dengan Tambahkan tim untuk berkolaborasi pada desain, lewati saja. Sampai di sini kita sudah memiliki akun di Canva.


2. Cara Menggunakan Apikasi Canva Untuk Pemula

Cara menenggunakan aplikasi Canva untuk pemula ini di tujukan bagi mereka yang belum memahami bahwa caranya sebenarnya sama saja dengan menggunakan software desain grafis lainnya. Seperti Illustrator, Corel Draw, Sketsa, dll. Hanya saja untuk penggunaan Canva memang lebih praktis dari pada software-software desain yang sudah di sebutkan tadi. Oleh karena itu, sekarang setelah kita melakukan langkah-langkah tadi, saatnya kita menuju laman utama/dashboard Canva.

Cara Menggunakan Apikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 3 : Tampilan Halaman Dashboard Canva
Penjelasan Gambar
  1. Klik pada menu pencarian dan akan muncul banyak kategori desain. Kita bisa memilih sesuai dengan project apa yang akan kita kerjakan. Namun, pada tutorial kali ini projectnya adalah mendesain Wallpaper Desktop
Cara Edit File Di Canva Untuk Pemula
Gambar 4 : Cara Memilih  Template di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Template : Klik untuk memunculkan pilihan templatedan cari Wallpaper Desktop Kreatif.  Jika sudah anda temukan silahkan klik dua kali. Maka desain anda akan seperti tampilan di atas.
  2. Text Edit Klik pada text editor hingga muncul titik putih di setiap sudut. Ini juga akan memunculkan menu edit pada bagian atas yang di garis merah.
  3. Klik pada gambar tempat sampah untuk menghapus text edit tadi. Lakukan juga pada lingkaran kotak putih pada desain seperti di atas.
Tutorial Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 5 : Cara Memilih Font Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Text : Klik pada menu text editor untuk melihat daftar pilihan font.
  2. Klik dua kali tulisan font THE ART OF FERMENTATION lalu ganti kalimatnya dengan yang kita inginkan. Saya memakai kalimat Judul: MEDIASI BLOG dan bagian bawahnya, Deskripsinya : Mediasi Blog adalah situs tempat untuk belajar dan berbagi pengetahuan seputar blog untuk pemula
  3. Klik pada text editor untuk menggeser ke posisi tengah serta memunculkan titk putih dan menu edit seperti di atas. Coba perhatikan lingkaran merah pada titik putih. Ini berguna untuk memperlebar text editor dengan cara tekan Shift tahan pada keybord laptop/PC anda, lalu letakan cursor mouse tepat pada titik putih yang di lingkari merah tadi kemudian geser mouse untuk memperbesar atau memperkecil text editor.
  4. Posisi : Klik  pada posisi untuk mengatur ketepatan posisi lebih akurat baik itu tengah, samping kiri, kanan, atas, dan bawah. Lakukan percobaan sesuai keinginan masing-masing.
  5. Pisahkan : Klik pisahkan untuk memisahkan jenis tulisan pada bagian-bagian text editor tadi (lihat no 3). Klik pada kolom paling atas SECTION 1.2 karena pasti sudah terpisah dari THE ART OF FERMENTATION tadi yang sudah di ganti MEDIASI BLOG. Kita juga bisa menggabungkan judul dan deskripsi tadi dengan cara klik Gabungkan yang muncul setelah kita klik pisahkan. Penggabungan penting antara keduanya agar pengaturan posisi kalimat text editor lebih mudah.
  6. Hapus tulisan SECTION 1.2.
  7. Jarak : Klik pada jarak untuk mengatur jarak kiri-kanan dan atas-bawah setiap huruf. Lakukan eksperimen sendiri sesuai keinginan.
  8. Atur warna dengan cara klik pada huruf A pada menu edit bagian atas.
  9. Silahkan atur besar kecil huruf dengan cara klik ke menu edit bagian atas.
Cara Mendesain Feed Media Sosial Menarik Di Canva Untuk Pemula
Gambar 6 : Cara Memilih Elemen Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Elemen : Klik pada elemen untuk memunculkan daftar elemen dan pilih sesuai keinginan.
  2. Klik dua kali pada elemen kotak hitam untuk memunculkan elemen seperti pada project di atas. 
  3. Posisi : Klik pada posisi untuk mengatur letaknya. Silahkan perbesar kotak agar kalimat text editor berada di bagian tengah (lihat pembahasan no 3 di atas). Ingat dalam kondisi ini kita tidak bisa lagi mengedit kalimat pada text editor. Kecuali kita geser dulu kotaknya ke bagian luar.
  4. Silahkan atur warna agar supaya terlihat transparan. Pada project desain di atas posisinya ada pada 50.
  5. Unduh : Klik anak panah yang mengarah ke bawah pada bagian kanan atas untuk menyimpan file Canva ke komputer.
  6. PNG : Klik png untuk mengatur format file. Di atas yang di pilih PNG karena kualitas png biasanya lebih baik.
  7. Unduh : Silahkan klik unduh untuk mendownload file Canva ke komputer. Selesai!
Cara menggunakan Aplikasi Canva Secara Lengkap Untuk Pemula
Gambar 7 : Contoh Hasil Desain Wallpaper Desktop Dari Canva

Demikianlah hasil akhir project dari menggunakan aplikasi Canva yang suda coba kita buat tadi, lumayan bukan?. Hasil dari project ini bisa kita gunakan untuk berbagai hal seperti wallpaper, feed media sosial, postingan blog atau web, back ground, dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Post a Comment

1 Comments

  1. Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di SENYUMPOKER.
    Senyumpoker Menerima Depo Via Pulsa ya bosku:)

    Bonus New Member 10%
    Bonus Refferal 10% up to 20%
    Bonus Lucky Spin
    Bonus Mistery Box
    Bonus Bulanan Tanpa Batas

    Menang dan Mainkan segera di situs resmi kami www,senyumpoker99,net situs paling aman dan terpercaya
    # WA : +855 962 071 913
    # Line : benderapoker
    Terima Kasih

    ReplyDelete