Jenis Iklan Google Adsense Dan Cara Memasangnya Di Blog

Jenis Iklan Google Adsense

Sebelum kita memasang iklan Google AdSense, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis iklan Google Adsense itu sendiri. Perlu di ketahui juga bahwa kemungkinan besar Jenis iklan ini nantinya akan terus bertambah karena pihak AdSense sendiri sering  melakukan percobaan iklan AdSense agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan para klien mereka. Nah, untuk saat ini jenis iklan Google AdSense yang populer dikenal adalah jenis konten (termasuk Page-level ads untuk tampilan versi Mobile), tautan (link), dan kotak penelusuran. 

1. Iklan Google AdSense  Jenis Konten

Iklan Google AdSense jenis konten merupakan iklan yang dapat menampilkan gambar atau video (Display Ads) dan yang satunya lagi jenis teks. Dalam penerapannya iklan Google AdSense jenis konten ini kita bisa memilih setiap ukuran sesuai keinginan.  Selain itu, khusus untuk jenis iklan AdSense  video dan gambar ini sangat cocok kita di tempatkan di area mana saja. Namun untuk jenis teks mungkin kurang menarik karena berupa tulisan biasa.

2. Iklan Google AdSense Jenis Tautan 

Iklan Google AdSense jenis tautan atau link adalah iklan yang hanya dapat menampilkan berupa  link biasa saja.  Biasanya terlihat seperti tampilan bentuk tulisan dalam satu baris saja. Namun, terkadang iklan teks dan iklan tautan ini sering di samakan oleh para publisher AdSense lainnya. Oleh karena itu, harap untuk bisa membedakan keduannya.

3. Iklan Google AdSense Jenis Kotak Penelusuran

Iklan Google AdSense jenis kotak penelusuran adalah iklan yang tampil setelah pengunjung melakukan pencarian dari kotak penelusuran blog kita. Tujuan iklan ini adalah agar setiap pengunjung yang melakukan pencarian bisa dimudahkan dalam mencari sesuatu. Dari sini publisher bisa memperoleh penghasilan, setiap pengunjung melakukan pencarian melalui blog kita dan melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan.

Baca juga : Cara Menambahkan Email Dan Menghubungkan Blog Baru Ke Akun Google Adsense


Beberapa Cara Memasang  Iklan Google AdSense di Blogspot

Untuk dapat memasang  iklan Google AdSense di blog tentu saja ada beberapa syarat yang harus di penuhi dan salah satunya adalah kita harus sudah di terima sebagai Publisher oleh pihak Google AdSense. Selain itu, blog yang akan kita tempatkan iklan nantinnya harus sudah memenuhi syarat dan kebijakan Google AdSense. Ingat jangan coba-coba memasang iklan Google Adsense di sembarangan blog walalupun bog tersebut memiliki trafik yang tinggi, ini demi keamanan akun anda.

Jika sudah memperhatikan beberapa hal di atas tadi,  selanjutnya kita tinggal melihat lihat  di bagian mana yang akan kita tempatkan iklan Google Adsense. Kebanyakan publisher Google AdSense memasang dibagian bawah header, samping paragraf pertama postingan artikel, tengah postingan artikel, bawah postingan artikel, dan sidebar blog untuk Iklan Google AdSense jenis konten serta teks.

Sebagai saran kalau bisa jangan hanya memasang di satu blog saja bagi anda yang memiliki akun Google AdSense jenis Non Hosted. Melainkan cobalah membuat beberapa blog yang tentunya sudah memenuhi kriteria blog AdSense dan pasanglah iklan Google AdSense sesuai aturan dengan maksimal 3 iklan berjenis konten, 3 iklan berjenis tautan, dan 2 Kotak penelusuran.
  
Sekarang silahkan simak di bawah ini tutorial memasang  iklan Google AdSense di blog blogspot. Baik itu secara langsung tanpa perlu lagi mencopy kode iklan Adsense atau masuk terlebih dahulu menuju ke dashbore akun Google AdSense untuk copy kode iklan.

1. Cara Memasang Iklan Google Adsense Tanpa Perlu Mengcopy Kode

Cara memasang kode iklan Google Adsense tanpa perlu mengcopy kode ini maksudnya adalah memasangnya secara langsung. Dalam artian kita tidak perlu repot-repot lagi masuk ke akun Google AdSense untuk melakukan pengcopyan melainkan kita akan langsung memasangnya melalui widget yang sudah tersedia secara default yang biasanya terdapat pada template bawaan Blogger. Tepatnya dari menu Tata Letak. Namun untuk bisa melakukan hal ini, terlebih dahulu kita harus sudah tahu dan telah menambahkan email dan menghubungkan blog baru ke akun Google Adsense.

Cara Memasang Iklan Google Adsense Tanpa Perlu Mengcopy Kode
Gambar 1 : Memasang Iklan Google Adsense Tanpa Perlu Mengcopy Kode
Penjelasan Gambar
  1. Pilih dan klik Tata Letak.
  2. Pada bagian Iklan klik tanda pensil seperti di gambar di atas, lalu akan muncul layar Mengonfirmasi Adsense.
  3. Centang Tampilkan AdSense.
  4. Silahkan pilihsalahsatu jenis iklannya yang Vertikal, Horisontal, Responsife atau yang lainnya, terserah.
  5. Warna,  silahkan edit sesui keinginan.
  6. Klik, Simpan.
  7. Klik, Simpan setelan.

2. Cara Copy dan Memasang Kode Iklan Google Adsense

Untuk cara mengcopy serta memasang kode iklan Google AdSense kali ini tidak perlu di tunjukan dengan tutorial gambar karena sangat mudah untuk dilakukan.
  1. Masuk ke halaman utama akun Google AdSense.
  2. Pilih My Ads.
  3. Pada Content pilih dan klik Ad units.
  4. Pada Ad units klik New ad unit.
  5. Lalu akan muncul pertanyaan What type of ad would you like to create? beserta 3 pilihan tipe iklan yang kita inginkan yaitu Text & display ads, In-feed ads, dan In-article ads. Silahkan pilih salah satu.
Cara Memasang Iklan Text & display ads, In-feed ads, serta In-article ads
Gambar 1 : Cara Memasang Iklan  Adsense Text & display ads, In-feed ads, serta  In-article ads

a. Iklan Text & display ads

Iklan Text & display ads adalah iklan yang bersifat bebas untuk penempatan dan pemilihan sizenya sesuai keinginan. Dengan memilih tipe iklan ini kita bisa menempatkannya kode  iklan AdSense di tengah postingan, awal potingan, akhir postingan, header blog, ataupun di samping sidebar blog. Silahkan copy kode iklannya seperti di bawah ini.

Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense Text & display ads
Gambar 2 : Cara Copy Kode Iklan Adsense Text & display ads
Penjelasan Gambar
  1. Isikan Nama iklan.
  2. Ad size, pilih ukuran sesuai keinginan.
  3. Klik Save and get code.
  4. Ad code, Copy kode iklan.

Untuk memasang  kode iklan AdSense tipe Text & display ads yang sudah di copy tadi adalah dengan masuk ke akun Blogger.

#Iklan AdSense Text & display ads Sidebar Kanan Blog
  1. Tata Letak.
  2. Klik Tambahkan Gadget pada bagian Sidebar blog sebelah kanan..
  3. Pilih HTML/JavaScript.
  4. Lulu pastekan kode yang sudah di copy tadi ke kolom Konten.
  5. Klik Simpan.


#Iklan AdSense Text & display ads Dalam Postingan Artikel Blog

Pada posisi masih di halaman utama akun Blogger.


Cara Memasang Kode Iklan Google AdSense Text & display ads Pada Postingan Artikel Blog
Gambar 3 : Cara Memasang Kode Iklan Adsense display ads
Penjelasan Gambar
  1. Pilih Tema.
  2. Klik Edit HTML.
  3. Tekan Ctrl + F pada keybord laptop atau komputer. Kemudian akan muncul semacam kotak pencarian pada bagian tempat edit kode HTML, lalu masukan dan lakukan pencarian terhadap kode <data:post.body/>.  Jika lebih dari satu maka pilih yang kedua atau yang ketiga.
  4. Ganti kode tadi dengan kode di bawah ini. Tapi, sebelumnya kode iklan AdSense Text & display yang sudah di copy diawal tadi di Parse dulu di Blogcrowds. Baru setelah itu masukan kode hasil parse tadi di antara kode di bawah ini. Hasil dari itu yang di pakai untuk mengganti kode pada no 3 yang di maksud.
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:10px 0'>
<div class='separator' style='clear: both; text-align: center; '>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<center>
GANTI DENGAN KODE IKLAN ADSENSE ANDA
</center>
</b:if>
</div>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
kode ini dari berbagai sumber
      5. Klik Simpan tema.

Untuk angka 2 pada kode iklan di atas adalah pengaturan jarak atau posisi letak iklannya ketika berada di dalam postingan artikel blog kita. Jadi, kita bisa mengganti dan melakukan eksperimen sesuai selera masing-masing. Nah, jika sudah melakukan semuanya jangan lupa klik Simpan dan lihat hasilnya.

#Iklan AdSense Text & display ads di Samping Postingan Artikel Blog

Untuk memasang iklan Google AdSense di samping postingan artikel blog kali ini langkahnya masih sama seperti di atas, hanya saja untuk kodenya berbeda. Berikut ini kodenya.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='float:right;width:300px;height:250px;margin: 5px 0px 7px 9px; padding:0px'>
GANTI DENGAN KODE IKLAN ADSENSE ANDA
</div></b:if> 
kode ini dari ditya-web.com

b. Iklan In-feed ads

Iklan In-feed ads adalah iklan yang letaknya otomatis berada dengan rapi di dalam daftar artikel atau produk di blog yang kita miliki. Walaupun stylenya telihat seperti bentuk Recent Posts akan tetapi pengunjung masih bisa mengenal itu adalah iklan, hanya saja terlihat sangat menyesuaikan di halaman utama blog. Silahkan lihat contoh tampilan iklan In-feed ads ini pada akun Google AdSense masing-masing.

Untuk In-feed ads anda bisa  memilih Image above, Image on the side, Title above, Text only,  dan Image above. Pilihlah salah satu yang anda rasa lebih menarik. Dalam hal ini saya mencoba memilih Image on the side karena sesuai dengan style blog saya.

Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense In-feed ads
Gambar 4 : Cara Copy Kode Iklan Adsense In-feed ads
Penjelasan Gambar
  1. Isikan Nama iklan.
  2. Silahkan lakukan pengaturan sesuai keinginan (Optional).
  3. Klik SAVE AND GET CODE.
  4. Save without making changes?, klik SAVE.
  5. Copy kode iklan.

#Caran Memasang Iklan AdSense In-feed ads
  1. Lakukan pencarian seperti di atas dengan menggunakan Ctrl + F untuk kode <b:loop values='data:posts' var='post'> lalu tambahkan kode index='x'  sehingga menjadi <b:loop values='data:posts' var='post' index='x'>. Jika kode lebih dari satu maka pilih kode yang paling dekat dengan kode di bawah nanti. 
  2. Cari lagi kode <div class='post-outer'> dan tambahkan kode di bawah ini tepat di bagian bawahnya. 
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot; and data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:x==1'>
<div class='post'>
GANTI DENGAN KODE IKLAN ADSENSE ANDA
</div>
</b:if>
<b:if cond='data:x==3'>
<div class='post'>
GANTI DENGAN KODE IKLAN ADSENSE ANDA
</div>
</b:if>
</b:if>
kode ini dari berbagai sumber

Perhatian : karena adanya perbedaan dari setiap template Blogger yang digunakan terkadang kita akan menemukan kode - kode di atas lebih dari satu. Selain itu, berdasarkan pengalaman pada langkah no 2 untuk template tertentu tidak tepat di bawah kode tersebut melainkan ada beberapa baris lagi kode di bawahnya. Oleh karena itu lakukan eksperimen secara satu persatu dalam peletakan kode iklan AdSense-nya. Jika sudah melakukan semunya jangan lupa klik Simpan.

c. Iklan In-article ads

Namanya saja iklan In-article ads suda pasti Iklan ini akan berada di antara paragraf halaman postingan artikel situs yang kita miliki sehingga pengunjung akan lebih mudah melihatnya dan kemungkinan hasil kliknya akan lebih masksimal.

Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense In-article ads
Gambar 5 : Cara Copy Kode Iklan  Adsense In-article ads
Penjelasan Gambar
  1. Isikan Nama iklan.
  2. Silahkan lakukan pengaturan sesuai keinginan (Optional).
  3. Klik SAVE AND GET CODE.
  4. Copy kode iklan.
Untuk cara memasang iklan AdSense In-article ads adalah sama seperti memasang iklan pada AdSense Text & display ads dalam postingan artikel blog di atas tadi.


3. Cara Memasang Iklan Page-level ads Google AdSense

Iklan Google AdSense Page-level ads adalah iklan yang tampilannya khusus untuk versi mobile dan untuk cara memasang iklan jenis Page-level ads itu sendiri sangatlah mudah. Kita hanya perlu masuk ke akun Blogger lalu pilih.
  1. Tema.
  2. Klik Edit HTML.
  3. Tekan Ctrl + F pada keybord laptop atau komputer dan lakukan pencarian seperti sebelumnya , namun kali ini cari kode <head>.
  4. Kemudian pastekan kode iklan yang sudah di copy tepat di bawahnya lalu Simpan. Untuk mencopy kode iklan Page-level ads lihat caranya di bawah ini.

Cara Meletakan Kode Iklan  Google AdSense Page-level ads
Gambar 6 : Cara Copy Kode Iklan Adsense Page-level ads
Penjelasan Gambar
  1. Pilih My ads.
  2. Scroll ke bawah dan temukan Page-level ads.
  3. Silahkan pilih keduanya  atau salah satunya terserah. Lihat contoh tampilan adsnya seperti di samping.
  4. Klik < > Get code.
  5. Copy kode iklan.

4. Cara Memasang Iklan Google AdSense  Jenis Tautan atau Link Ads

Iklan jenis tautan atau link ads adalah seperti di jelaskan di atas tadi yang tampilannya hanya berupa link biasa. Biasanya untuk iklan AdSense jenis ini di pasang di bagian bawah header blog, di tengah dan akhir postingan artikel blog atau tepatnya di bagian atas share icon media sosial. Namun demikian semua tergantung dengan template masing-masing.

Jadi, silahkan pasang  sesuai dengan posisi menu Tata Letak pada akun Blogger anda dan untuk cara memasang iklan AdSense jenis tautan atau link ads ini hampir sama dengan memasang kode iklan AdSense pada jenis Text & display ads. Oleh karena itu tidak perlu di jelaskan lagi. 

Silahkan ikuti caranya seperti di atas dan jangan lupa ikuti cara mengcopy kode iklan link ads seperti di bawah ini karena terkadang para Blogger pemula sering kebingungan melakukan hal ini.

Cara Menempatkan Iklan Tautan Google AdSense atau Link Ads
Gambar 6 : Cara Copy Kode Iklan Adsense Link Ads
Penjelasan Gambar
  1. Isikan Nama iklan.
  2. Rekomendasi, Klik dan Pilih Link Ads.
  3. Silahkan pilih ukuran iklan link ads sesuai keinginan.
  4. klik Save and get code.
  5. Copy kode iklan.

5. Cara Memasang Iklan Google AdSense  Jenis Kotak Penelusuran

Iklan penelusuran Google AdSense sangat cocok untuk di pasang pada sebuah blog ataupun website yang sudah memiliki pengunjung banyak dan loyal. Alasannya karena sudah pasti hasilnya akan maksimal sebab pengunjung akan selalu melakukan pencarian lewat kotak penelusuran pada situs yang kita miliki. Namun demikian untuk hal sebaliknya mungkin akan sedikit sulit, tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba.

Sedangkan untuk cara pemasangan Iklan penelusuran Google AdSense itu sendiri memang sedikit berbeda dari iklan jenis lainnya. Oleh karena itu, coba ikuti caranya di bawah ini. Sebelum itu, jangan lupa untuk mendapatkan kode iklan penelusuran Google AdSense seperti berikut.

Cara Mengcopy Kode lklan Google AdSense  Jenis Kotak Penelusuran
Gambar 6 : Cara Copy Kode Iklan Adsense Jenis Kotak Penelusuran
Penjelasan Gambar
  1. Pilih dan klik My ads.
  2. Klik Custom search engines.
  3. Klik New custom search engine lalu akan muncul tampilan pengaturan iklan telusur Google AdSense.
  4. Isikan Nama iklan.
  5. What to search? pilih Only sites I select.
  6. Isikan url situs anda dengan lengkap seperti di atas.
  7. Keywords, isikan sesua dengan keywords atau kata kunci situs masing-masing.
  8. Disini yang perlu di rubah adalah Country or territory sesuai negara bahasa pada situs, Site language pilih sesuai bahasa yang dipakai di situs, Transliteration pilih English.
  9. Langsung ke pengaturan Search results dan pilih on my website using an iframe.
  10. URL where search results will be displayed, isikan kembali Url blog dan website dengan menambahkan search. Contoh http//namadomain.blogspot.co.id/search.
  11. Width of results area, isikan sesuai lebar hasil pencarian masing- masing. Contoh di atas di atas memakai 300.
  12. Klik, Save and get code.
  13. Copy kode iklan seperti biasa.


Setelah selesai mengikuti langkah di atas dan sudah mendapatkan kode tersebut, maka lanjut lagi ke cara pemasangan kode iklan penelusuran Google AdSense di blog. Untuk itu silahkan menuju dashbore atau halaman utama akun Blogger anda. 

Sebelumnya, coba perhatikan di atas ada 2 kode iklan. Jadi, kode pertama pastekan pada bagian, pilih menu Tata Letak di Blogger, lalu Tambahkan gadget/widget, kemudian pilih HTML/JavaScript dan pastekan kodenya pada kotak kosong yang tersedia lalu Simpan. Langkahnya sama seperti memasang kode iklan Text and display ads. Sedangkan untuk memasang kode iklan kedua penelusuran Google AdSense silahkan lihat di bawah ini langkanya.

Cara Meletakan Kode Iklan Google AdSense  Jenis Kotak Penelusuran
Gambar 7 : Cara Memasang Kode Iklan Adsense Jenis Kotak Penelusuran

  1. Pilih dan klik Laman
  2. Buat Laman baru.
  3. Judul Laman : Isikan saja nama yang sesuai seperti contoh di atas Search.
  4. Klik HTML
  5. Pastekan kode yang ke 2.
  6. Klik Publikasikan/Update.
Demikian artikel kali ini mengenai Jenis Iklan Google Adsense dan Cara Memasangnya di Blog. Jika ada iklan yang tidak tampil setelah mengikuti langka di atas, sekali lagi di beritahukan bahwa kemungkinan besar itu di sebabkan perbedaan kode template masing-masing. Jadi silahkan lakukan cara yang berbeda atau coba solusi lain.

Post a Comment

8 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thank informasinya, pembahasannya pun lengkap jelas dan padat.

    Kunjungi juga www.gunturr.com ya.

    ReplyDelete
  3. Wah terima kasih mas artikel adsensenya lengkap sekali...saya dapat pengetahuan baru tentang iklan feed

    ReplyDelete
  4. Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di SENYUMPOKER.
    Senyumpoker Menerima Depo Via Pulsa ya bosku:)

    Bonus New Member 10%
    Bonus Refferal 10% up to 20%
    Bonus Lucky Spin
    Bonus Mistery Box
    Bonus Bulanan Tanpa Batas

    Menang dan Mainkan segera di situs resmi kami www,senyumpoker99,net situs paling aman dan terpercaya
    # WA : +855 962 071 913
    # Line : benderapoker
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Memanfaatkan cara pasang iklan Google Ads lewat perangkat seluler adalah cara efisien nan fleksibel untuk memasarkan bisnis. Mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari Google serta mencapai target audiens secara efektif.

    ReplyDelete