Cara Membuat Akun Di Medium Blog

Membuat Akun Di Medium Blog akhir-akhir ini sedang populer di kalangan orang-orang luar. Hal ini karena Medium sendiri adalah tempat terbaik untuk menyalurkan hasil pikiran ataupun pengalaman pribadi yang berupa tulisan yang dapat dipublikasikan secara online. Mulai dari pembahasan Seni & Hiburan, Industri, Inovasi & Teknologi, Hidup, dll semuanya ada di sini.

Sekilas Medium blog ini memang tak begitu berbeda dengan platform seperti Blogger, Wordpress, dll, hanya saja di Medium blog kita tidak bisa mengutak-atik template maupun widget secara leluasa. Ini dikarenakan dalam Medium blog yang diutamakan adalah kualitas konten yang di harapkan dapat membangun hubungan antara para pengunjung dan pengguna.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis Yang Sukses Menghasilkan Uang

Dengan kata lain, para user hanya perlu menciptkan konten/tulisan yang informatif dan berguna bagi orang lain. Karena dengan demikian kita bisa mendapatkan banyak pembaca dan pengikut (Followers). Tidak hanya itu saja, kita juga dimungkinkan untuk menghasilkan uang dari Medium blog dengan memiliki pembaca serta follower yang banyak.

Walaupun dalam Medium blog yang utama adalah konten dan kita tidak bisa leluasa mengedit tampilan blognya,kita tidak perlu khawatir karena di sana tampilannya cukup moderen, mudah di gunakan (User Frendly), dan terlihat berkualitas. Sipapun kamu pasti senang dan bisa dengan mudah memulai blogging di Medium blog.


Langkah Pendaftaran  ke Medium Blog

Sebelum memiliki akun di Medium blog, maka kita diharuskan untuk melalui proses pendaftaran terlebih dahulu. Oleh sebab itu, silahkan kunjungi situ resminya di Medium.com dan setelah itu ikuti tutorial cara mendaftar di Medium blog berikut ini. 

Cara Membuat Akun Di Medium Blog Untuk Pemula
Gambar 1 : Tampilan Halaman Utama Medium.com

Setelah menuju situs remi Medium blog, langsung saja lihat kanan atas dan klik Get Started untuk  mulai bergabung. Kemudian akan muncul layar pop-up Join Medium dan pilih salah satu Sign up with Google atau Sign up with Facebook. Di tutorial kali ini yang akan di gunakan adalah Sign up with Google. Artinya gunakan saja akun gmail yang sudah ada.

Cara Terbaru Membuat Akun Di Medium Blog
Gambar 2 : Cara Mendaftar Di Medium.com
Penjelasan gambar
  1. Sign up with Google : Klik untuk mendaftar ke medium menggunakan akun Google Gmil.
  2. Email atau ponsel : Masukan email aktif yang akan di gunakan membuat akun ke Medium blog.
  3. Masukan sandi anda : Isikan password akun gmail.
  4. Berikutnya : Klik untuk melanjutkan pendaftaran.
  5. Welcome to Medium : Selamat kita sudah berhasil melakukan pendaftaran dan memiliki akun di Medium blog. Sekarang tinggal lanjut ke tahap berikutnya dengan mengklik tombol Dive in.

Cara Menulis Artikel di Medium Blog

Setelah memiliki akun di Medium blog kita tinggal menuju halaman home/dashboard-nya untuk mulai membuat artikel sederhana. Jika tadi kita sedang berada di jendela Welcome to Medium dan sudah mengklik Dive in, maka kita akan di bawah ke halaman seperti di bawah ini kemudian tinggal ikuti saja langkah selanjutnya seperti di bawah ini.

Cara Terbaru Membuat Akun Di Medium Blog Untuk Pemula
Gambar 3 : Membuat Postingan Artikel Di Medium Blog
Penjelasan gambar
  1. Silahkan pilih 3 Stories yang sesuai dengan minat masing-masing. Ini juga akan membuat tombol biru (Start readingmuncul pada kanan atas.
  2. Start reading : Klik untuk lanjut ke halaman home/dashboard Medium blog.
  3. Klik user icon untuk memunculkan fitur-fitur-nya.
  4. New story : Klik untuk memunculkan halaman penulisan artikel baru.
  5. Tuliskan judul/title artikel.
  6. Tuliskan isi/paragraf artikel. Untuk mengedit tulisannya silahkan blok bagian yang akan di edit lalu akan muncul fitur yang akan membuat huruf besar/kecil, tebal/tipis, dll.
  7. Untuk mengupload video/foto ke Medium blog, silahkan tempatkan kursor pada halaman kosong lalu tekan Enter pada keyboard untuk memunculkan icon X. Klik icon X tersebut untuk memunculkan lebih banyak icon seperti di atas di mana kita bisa mengganti video/foto.
  8. Ready to Publish? : Klik untuk memulai mempublish artikel postingan apabilah sudah selesai di buat. Tampilan selanjutnya tidak terlalu rumit karena hanya menambahakn sedikit tag (Semacam Keyword) kemudian klik Publish.
  9. Klik icon seperti 3 titik di atas untuk dapat melihat fitur-fitur seperti mengedit judul, tautan, menghapus stories, membagikan ke twitter, Customize link, merubah featured gambar,  mengganti tag, menjaga lisensi konten, dan lain sebagainya.
  10.  Stories : klik untuk melihat setiap stories yang sudah di post. 
Sampai di sini postingan tentang cara membuat akun di Medium blog, untuk selanjutnya kamu suda pasti bisa menguasai sendiri setiap fitur-fitur di Medium blog ini.

Baca juga : Cara Daftar Dan Submit Sitemap Blog Atau Web Ke Bing Webmaster Tools

Post a Comment

0 Comments