10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Gratis Hingga Berbayar

Software pembuat game tanpa coding adalah software yang di rancang khusus untuk para Developer/pengembang yang ingin memiliki pengalaman dalam membuat game baik itu android, iOS dan yang lainnya, tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang bahasa pemograman dalam hal menciptakan sebua game impiannya.

Mungkin ada dari kita sekalian yang suka bermain game di smartphone dan kini mulai berpikir ingin mengembangkan game sendiri. Namun terkadang kita suka bingung sendiri sebelum memulai dan berpikir bagaimana cara untuk membuat game android di PC tanpa harus coding.?  

Tenang, jika itu kendalanya  berarti anda tidak sendiri. Sebab ada banyak orang di luar sana yang berpikiran sama seperti kita dan kini mungkin sudah berada di tempat yang tepat. Kenapa? karena sebentar lagi kita akan mengetahui bersama bahwa ternyata membuat sebuah game itu  sangat mudah dan menyenangkan tanpa perlu coding bla bla dan lainnya.

Tidak peduli jika itu seorang Developer game handal atau pemula yang belum memiliki pengalaman sekalipun dalam membuat game.  Karena disini yang dibutuhkan hanya sedikit berlogika tanpa harus repot-repot menuliskan kode rumit sebagai kata perintah yang terkadang membuat kepala kita pusing.  

Sebaliknya kita akan dapat memahami sedikit demi sedikit mengenai cara kerja bahasa pemograman itu sendiri lewat 10 software pembuat game android, iOS dll tanpa coding yang akan di bahas berikut ini.

Baca juga : Cara Membuat Game Atau Aplikasi Di AppGeyser


Construct 2

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Pemula

Construct 2 (Scirra) adalah salah satu game engine open source 2D terbaik yang dikembangkan sejak 2007 silam oleh Ashley dan Thomas Gullen. Tanpa coding, tampilan sedehana, mudah digunakan dan sangat cocok untuk seorang pemula adalah ciri khas dari game engine ini.

Mungkin satu-satunya hal yang di butuhkan dalam mendalami Construct 2 hanyalah sedikit berlogika plus kesabaran dalam menggunakan penggunaannya. Selain itu, software ini juga mendukung berbagai platform seperti Android, iOS, browser HTML, windows 8, dan lain sebagainnya.

Sebagai informasi, memasuki Februari 2018 lalu, scirra ltd telah memperkenalkan Construct 3 dengan beberapa perbaikan serta penambahan fitur yang lebih menarik dari pada Construct 2 tentunnya. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba software ini, kamu bisa mendapatkannya secara gratis langsung dari situs resminya (Official Site).

Download Via Official Site Construct 2 (Free Version).
Construct 2 Tutorial  YouTube : Construct 2 Official Channel.


Game Salad

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Developer Game Pemula

Game Salad diluncurkan pada tahun 2010 namun sudah di kembangkan sejak tahun 2007 silam oleh Michael Agustin, Treiman, Tan Tran, dan Joshua Seaver. Misi mereka adalah untuk memperluas pendidikan Ilmu Komputer di seluruh dunia dengan cara yang berbeda tanpa memandang latar belakang dan usia. Hal inilah yang membuat lahirnya Game Salad.

Game Salad sendiri kini telah menjadi basar dan diklaim sebagai aplikasi pembuat game tanpa coding terbaik dengan adanya fitur drag-and-dropnya yang unik. Dengan fitur ini, para user sudah bisa mengatur setiap action game tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali.

Menurut situs resminya, GameSalad telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengembang game yang bercita-cita tinggi dan telah menciptakan lebih dari 75 game mobile dengan mencapai 100 teratas di App Store, termasuk beberapa di antaranya game Mazes of Karradash dan Get_Fiquette.

Untuk output, game engine ini mendukung  platform seperti Android, iOS, hingga HTML5 browser. Sedangkan untuk memperolehnya kita harus mengeluarkan biaya tapi juga bisa mencoba gratis dengan versi trialnya.

Download Via Official Site : Game Salad (Berbayar/Free Trial).
Game Salad Tutorial  : Game Salad  Official Site.


Stencyl 

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Siapa Saja

Stencly adalah perangkat lunak pembuat game gratis yang cukup populer pada era tahun 2000-an yang  hanya dikhususkan untuk platform Flash saja. Sempat terancam punah karena keberadaan berbagai game engine yang berbasis HTML5, Stencly mencoba bangkit dengan penambahan cakupan output pada platform iOS (iPhone/iPad),  Android, Windows, Mac, Linux,  dan HTML5 (experimental).

Masih sama dengan beberapa software pembuat game sebelumnya, Stencly juga turut mengandalkan fitur Drag & Drop pada Interface-nya. Uniknya pada game engine satu ini fitur tersebut mirip seperti Puzzle. Jadi ketika kita sedang membuat/mendesain game suasananya terasa seperti hanya sedang bermain saja.

Stencly sendiri saat ini sering di gunakan untuk edukasi bagi anak-anak dalam proses pengenalan pembuatan game. Selain itu, mereka juga di dukung oleh publisher ternama seperti ArmorGames, Kongregate and Newgrounds.

Download Via Official Site Stencyl (Free Version).
Stencyl Tutorial  :  Stencyl Education Official Site.


GameMaker Studio 2

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Pemula

GameMaker Studio 2 (YoYo Games) adalah game editor lintas platform  yang masih mirip dengan game Salad dan beberapa engine lainnya karena mengandalkan fitur drag-and-drop. Walaupun demikian ada sedikit perbedaan yang terletak pada fasilitasnya yang lebih lengkap di mana pengguna bisa mendesain asset gambar dan tilling level-nya yang lebih sempurna langsung dari softwarenya.

Menurut situs resminya GameMaker Studio 2 telah sepenuhnya dikembangkan kembali dengan kegunaan dan efisiensi pada intinya, memungkinkan pengembang untuk membuat game dalam basis kode tunggal dan kemudian pengguna dapat mengekspor dalam berbagai platform seperti Android, iOS, HTML5, PS4, Xbox One, Windows Desktop, OS X, Ubuntu, Windows UWP.

Hingga saat ini, GameMaker Studio 2 telah diunduh lebih dari 10 juta kali sejak 2012 dan beberapa game terkenal yang turut memanfaatkan jasa dari GameMaker Studio 2 adalah Hyper Light Drifter, Spelunky, dan Crashlands.

Download Via Official Site GameMaker 2 (Berbayar/Free Trial).
GameMaker Studio 2 Tutorial YouTube  GameMaker Studio 2  Official Channel..


GDevelop

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Dari Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Developer Pemula

GDevelop  merupkan tools pembuat game tanpa coding gratis yang mengandalkan keunikan pada iventnya. Ivent adalah cara terbaik untuk mengekspresikan logika permainan tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman sehingga memungkinkan kita dapat berkreativitas dengan bebas.

Mungkin kata lainnya adalah game engine ini dapat mebantu kamu untuk menciptakan banyak jenis game.  Baik itu bertemahkan platformer, teka-teki, strategi, tembak, permainan 8-bit, dan masih banyak lagi.

Kita juga bisa tinggal mengikuti contoh-contoh yang ada atau bisa memulai proyek baru dari awal yang sesuai dengan ide masing -masing. Hasil dari GDevelop ini nantinya  kita bisa jalankan di mana saja. bahkan untuk export ke platform android, hanya butuh sekali klik.

Beberapa contoh game yang di buat dengan menggunakan software GDevelop adalah  Lil BUB's HELLO EARTH dan  Hyperspace Dogfights. Selain itu, GDevelop juga akan memberikan kita pengalaman baru mengenai cara membuat game secara online.

Download Via Official Site : GDevelop (Free Version).
GDevelop Tutorial  :  GDevelop Wiki Official Site.


001 Game Creator

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Dari Gratis Hingga Berbayar Cocok Untuk Siapa Saja

001 Game Creator adalah  software pembuat game 2D/3D yang di kembangkan oleh Mike Weir sekaligus owner dari SoftWeir Inc. Di perkenalkan sejak 14 Juli 2015 lalu membuat engine ini terlihat masih sangat fresh.  Walaupun tergolong pendatang baru, game editor ini  cukup menarik perhatian para Developer dengan adanya fitur  Graphically-Assisted Scripting.

Graphically-Assisted Scripting adalah sebuah fitur yang memungkinkan siapa pun dapat mulai menciptakan sebuah game baru dengan pengalaman yang lebih imajinatif, yang sempurna dengan lebih mengutamakan  pendekatan yang divisualisasikan secara langsung! Sederhanyanya kita bisa mengimplementasikan logika dalam pemograman melalui fitur tersebut yang berupa diagram alir.

Yang menarik juga adalah hampir semua genre game bisa kita bangun melalui 001 Game Creator ini. Mulai dari  Action-RPG, 3D Action-RPG,  Platformer,  Tic-Tac-Toe, Space Shooter, Education, Racing  dan apapun yang bisa kita pikirkan. Nantinya kita juga bisa mengeksport hasil game dalam berbagai jenis platform seperti iOS, Android, dan yang lainnya.

Download Via Official Site 001 Game Creator (Berbayar/Demo).
001 Game Creator Tutorial Video YouTube  : 001 Game Creato Official Channel.



RPG Maker MV 

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Dari Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Developer Game Pemula

RPG Maker MV adalah aplikasi pembuat game yang di khususkan untuk game bergenre Role Playing Game (RPG) sesuai namanya.  Game RPG sendiri secara singkat adalah game yang berisikan petualangan dari karakter utama dalam menyelesaikan misi tertentu dengan melewati beberapa tantangan.

So, jika kamu suka dengan dengan genre ini, sekrang kamu bisa mencoba membuat game RPG versi kamu sendiri. Karena saat ini game engine ini juga memiliki fitur drag-and-drop dan sudah  mendukung platform seperti Android, iOS,  PC dan platform modern lainnya.

Bukan hanya itu, bagi kamu sekalian yang kurang mahir dalam hal mendesain karakter atau sprite game, tenang karena RPG Maker MV sudahmenyediakan semuanya. Jadi yang di butuhkan adalah ide dan ketekunan saja dalam menghasilkan game impianmu. Mudah kan?

Download Via Official Site : RPG Maker (Berbayar/Free Trial).
RPG Maker Tutorial Video YouTube  : RPG Maker  Official Channel.



Clickteam Fusion

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Dari Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Pemula

Clickteam Fusion adalah software dari perusahaan perangkat lunak Clickteam seperti seperti halnya Klik dan Play, The Games Factory dan Multimedia Fusion. Kesemuanya ini merupakan software yang telah mendapatkan penghargaan.

Clickteam Fusion sendiri merupakan game engine yang juga menyediakan fitur editor drag and drop untuk membuat  game 2D/3D. Mungkin yang sedikit membuatnya berbeda dari yang lainnya adalah segi interface-nya yang memakai fitur editor dengan event frame-by-frame.

Walaupun demikian fitur tersebut dapat membawa kesan tersendiri bagi para Developer game pemula dalam membangun game impiannya. Beberapa game yang sudah turut membuat nama Clickteam Fusion ikut terkenal adalah The EscapistsFive Nights at Freddy’s, dan Angry Video Game Nerd Adventures.

Download Via Official Site Clickteam Fusion (Free Version).
Clickteam Fusion Tutorial : Clickteam Fusion Official Site.


BuildBox

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Terbaik Dari Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Pemula

Buildbox adalah software drag-and-drop untuk membuat game 2D yang benar-benar memungkinkan siapa pun dapat membuat game dengan mudah, cepat dan berkualitas. Meskipun fitur dalam pembuatan game-nya masih sama dengan engine lainnya yaitu menerapkan drag-and-drop, namun game editor ini menyediakan elemen, gambar, efek, serta musik sebagai pelengkapnya.

Menurut situs resminya,  lebih dari 150 game Buildbox telah ditampilkan oleh Apple dan memecahkan Top 100 dari semua game, atau telah diambil oleh penerbit utama. Sebut saja game The Line Zen yang juga sempat fenomenal dan pernah menempati #1 di Play Store beberapa tahun lalu.

Selain itu, kesemua game hasil dari game engine Buildbox ini, nantinya bisa kita gunakan pada multi-platform seperti Android, iOS, serta plat lainnya.

Download Via Official Site Buildbox (Berbayar/Free Trial).
Buildbox Tutorial Video  :  Buildbox Official Site.




Unreal Engine 4

10 Software Pembuat Game Tanpa Coding Terbaik Dari Gratis  Hingga Berbayar Cocok Untuk Developer Pemula

Unreal Engine 4 adalah engine pembuat game tanpa coding yang bisa di bilang telah menghasilkan beberapa game populer seperti Daylight dan Tekken 7. Berkat fiturnya yang lengkap, semua kebutuhan kita untuk membuat game di sini telah tersedia.

Dalam Unreal Engine 4 kita dimungkinkan untuk membangun game VR (Virtual Reality) berkualitas yang saat ini mulai popouler. Jika kamu pengguna advanced, kamu juga bisa menambahkan kode pemograman dengan bahasa C++ untuk membangun game VR yang lebih efisien.

Selanjutnya tidak perlu di jelaskan lagi, silahkan rasakan pengelaman sendiri dalam membuat game dengan Unreal Engine 4. Sedangkan hasil dari game yang kita buat nantinya bisa di rilis melalui  Android, iOS, PC, Mac,  Xbox One, hingga Playstation 4.

Download Via Official Site : Unreal Engine 4.
Unreal Engine 4 Tutorial : Academy Unreal Engine 4.



Bonus : TyranoBuilder 

Software Pembuat Visual Novel  Tanpa Coding Cocok Untuk Pemula

TyranoBuilder sebenarnya software pembuat novel visual multi-platform yang di tujukan bagi setiap orang-orang di seluruh dunia. Layaknya software pembuat game tanpa coding lainnya, novel engine yang satu ini juga akan mempermudah pengembang dengan tersedinya fitur drag and drop-nya dalam membuat novel digital.

Walaupun sedikit melenceng dari topik, namun ini penting juga karena dalam TyranoBuilder yang di butuhkan imajinasi tingkat tinggi dalam membuat jalan cerita semenarik mungkin layaknya seperti membuat game. Bahkan ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki diary pribadi dan berpikir ingin mengimplementasikannya dalam sebuah visual novel karyamu sendiri dan merilis itu di iOS, Android, Windows, MacOS, bahkan di browser HTML5.

Selain itu, TyranoBuilder juga memiliki fitur menarik yaitu TyranoScript yang bisa membuat pengguna mahir untuk lebih dapat berkreatifitas dengan ruang lingkup yang lebih luas. Namun, untuk memperoleh software pembuat visual novel ini di butuhkan biaya tapi akan sebanding dengan apa yang di hasilkan.

Download Via Official Site : TyranoBuilder (Berbayar).
TyranoBuilder Tutorial : Support TyranoBuilder Official Site.

Catatan Penting : Semua link di atas adalah via Official Site atau Situs Resmi. Termasuk untuk Channel Youtube adalah Channel YouTube Official. Untuk beberapa engine di atas walaupun gratis harap di perhatikan aturan dan persyaratannya di situs resmi mereka. Karena jika ingin membuat game untuk di jual atau dengan cara apapun untuk menghasilkan uang, terkadang mereka mengharuskan user membeli Lisensi atau persetujuan Royalti.

Post a Comment

0 Comments