Sejarah Email Dan Cara Terbaru Membuatnya Di Gmail

Apa itu Email?

Pada tahun 1960-an Email (Elektronik Mail) atau Surat Elektronik sudah digunakan terlebih dahulu bahkan diperkirakan lebih dulu ada dari pada Internet itu sendiri. Hanya saja penggunannya pada saat itu masih terbatas hingga tahun 1980 penggunaan email  atau surat elektronik ini menjadi populer karena sudah bisa dinikmati secara umum. 

Lalu apa itu Email? Email adalah sebuah sarana dalam mengirim surat yang beroperasi melalui jaringan internet. Kalau sebelumnya mengirim surat membutuhkan beberapa hari serta waktu dan tempat tertentu, maka dengan email ini siapapun dapat mengirim pesan lebih cepat dari itu, Bahkan penggunaan email tidak memerlukan biaya atau tempat khusus seperti kantor pos. 

Seiring dengan perkembangan saman dan meluasnya penggunaan email, beberapa perusahaan di dunia mulai memiliki sarana tersendiri untuk mempermudah para kliennya melakukan pengiriman surat elektronik atau email tersebut. Beberapa di antarannya adalah Google (@gmail) , Microsof (@Hotmail => @outlock), dan Yahoo (@yahoo). Ketiga perusahaan ini merupakan yang sangat terkenal di dunia. Namun yang paling terkenal dan banyak pengguanya mungkin adalah google dengan gmailnya.


Mengapa Harus Membuat Akun di Gmail

Sebelum melangka pada tutorial membuat email di gmail, perlu kita ketahui dahulu beberapa hal mengenai situs ini. Apa saja kelebihan yang dimilikinya. Pertama anda harus tahu bahwa gmail ini merupakan milik google. Google diketahui sebagai raksasa mesin pencari nomor satu di dunia dan memiliki beberapa produk lainnya seperti Blogger, Google Drive, Youtube, Google Adword, dll.

Jadi,  jika kita sudah membuka akun di gmail ini, maka secara otomatis kita sudah memiliki akses ke semua website tadi dengan hanya menggunakan satu akun dari gmail  tersebut. Berbeda jika kita membuat akun email dari situs lain maka kita juga tetap harus mendaftar di gmail dulu baru bisa mengakses produk google lainnya. 

Selain itu, keuntungan lainnya adalah bahwa gmail ini memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, jadi kita tidak perlu terlalu khwatir. Walaupun pada kenyataannya setiap system kemanan itu tetap memiliki kelemahan, namun membuka akun email di gmail mungkin lebih baik dari tempat lainnya.


Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara Membuat Email di Gmail kali ini adalah sama seperti sebelumnya dimana kita harus mempersiapkan dulu beberapa hal yang dibutuhkan agar bisa mendaftar. Contohnya seperti no hp serta beberapa data pribadi anda. Namun, mengenai hal satu ini terserah anda mau pakai data asli atau sembarang. Tapi akan lebih baik jika menggunakan data asli karena ketika terjadi sesuatu masalah maka akan dengan mudah melewati pemeriksaan keamanan di gmail.

Jika sudah mempersiapkan semuanya, maka selanjutnya kita langsung saja membuat akun di gmail. Silahkan anda ikuti step-by-stepnya dibawah ini karena tidak akan membutuhkan waktu lama dan siapun bisa dengan mudah melakukannya. Untuk silahkan menuju link pendaftaran akun google.


Tahap I : Pendaftaran Akun Google

Tentang Sejarah Email Dan Cara Terbaru Membuatnya Di Gmail
Gambar 1 : Pendaftaran Akun Google
Penjelasan Gambar
  1. Nama : Isikan dengan nama depan dan nama belakang anda
  2. Pilih nama pengguna : Isikan alamat email pilihan atau buatan anda. Silahkan masukan  gabungan dari kedua nama no 1 tadi atau yang lainnya asalkan lebih dari 6 huruf.
  3. Buat sandi : Isikan password pilihan anda. Rekomendasi isikan dengan gabungkan huruf, huruf kapital dan angka dengan jumlah lebih dari 6.
  4. Konfirmasi sandi : Isikan kembali password yang di buat pada no 3 tadi.
  5. Tanggal  lahir : Masukan sesuai dengan data yang ada. Formatnya terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun.
  6. Gender : Isi dengan jenis kelamin.
  7. Ponsel : Isikan dengan nomor aktif karena nantinya ini sangat penting ketika menerima sms verifikasi.
  8. Alamat email anda saat ini : Boleh di sisi boleh tidak (Optional)
  9. Ketik teks : Isikan dengan no yang tersidia
  10. Lokasi : Isikan dengan Indonesia jika anda orang Indonesia
  11. Centang : klik pada kotak untuk menyetujui  persyaratan dan kebijakan google lalu klik Langkah berikutnya untuk tahap verifikasi.

Tahap II : Verifikasi Akun Google

Sejarah Email dan Cara Terbaru Membuat Email di Gmail

Gambar 2 : Verifikasi Akun Google
Pebjelasan Gambar
  1. No telepon : Masukan dengan No Ponsel yang telah dimasukan seperti pada No.7 tadi.
  2. Pesan text (SMS) : Pilih pesan text (SMS).
  3. Kirim Kode : Klik krimi kode untuk menerima SMS. Silahkan cek Ponsel masing-masing.
  4. Masukan kode verifikasi : Isi dengan kode yang di terima dari SMS tadi.
  5. Lanjutkan : Klik untuk menuju halaman dashboard Gmail. Selesai!
Jika sudah melakukan semua langkah di atas maka secara otomatis kita  sudah memiliki alamat email di gmail (Google). Namun, untuk tahap selanjutnya tidak rumit tinggal di klik saja dan akan muncul halaman utama atau Dashboard Gmail. Dari situ anda bisa mengirim pesan atau email, menerima atau mebaca email, menghapus email serta mengirim  file lainnya berupa pdf, video,rar, atau yang lainnya.

Post a Comment

0 Comments