Sejarah Dan Perkembangan Serta Cara Mengikuti Program Google Adsense

Sejarah Singkat Google Adsense

Sejarah Google Adsense berawal dari peluncuran pertama kali dari Applied Semantic pada 18 juni 2003. Applied Semantic sendiri kemudian di akusisi oleh Google karena menurut mereka memiliki teknologi pendukung untuk Adsense yang tidak lama kemudian disebut menjadi Google Adsense.

Google Adsense adalah program periklanan yang dimiliki oleh google dengan tujuan agar setiap klien atau para penerbitnya dapat menampilkan iklan mereka entah itu berupa teks otomatis, gambar, video, atau iklan media interaktif di sebuah blog atau website dengan konten tertarget yang memenuhi setiap persyaratan dan kebijakan yang di berlakukan oleh pihak google. 

Awalnya, adsense sendiri hanya mendukung beberapa bahasa saja seperti bahasa Inggris dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mendapat kesempatan pertama kali merasakan program periklanan ini adalah negara Thailand. Setelah beberapa tahun kemudian, program ini mengalami perkembangan yang pesat dan mulai merambah ke tanah air Indonesia dan secara resmi mendapatkan dukungan untuk unit iklan Adsense for Content, karena sebelumnya hanya Adsense for search. 

Perlu di ketahui bahwa dalam program periklanan Google Adsense sendiri terdapat beberapa istilah kategori iklan seperti unit iklan konten adsense (Adsense for Content). Ini adalah iklan Adsense yang terpasang dalam suatu halaman blog atau website yang memiliki hubungan atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. 

Contohnya, ketika kita memiliki sebuah blog dengan halaman yang berisi artikel postingan tentang suatu topik tertentu seperti kesehatan, maka secara otomatis iklan yang tampil adalah yang memiliki hubungan dengan kesehatan. Nah, ketika para pengunjung blog melihat iklan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk mengkliknya tanpa harus terjadi penjualan sekalipun, maka publisher tau pemilik blog akan mendapatkan komisi sesuai dengan nilai CPC yang berlaku. Selain itu, Adsense for Content memiliki beberapa jenis iklan lagi seperti Ads unit dan Link unit. 

Sejarah Dan Perkembangan Serta Cara Menjadi Publisher Program Google Adsense

Perkembangan Publisher Google Adsense Indonesia 

Di Indonesia perkembangan Google Adsense belum terlalu diminati atau dikenal oleh banyak orang, namun seiring dengan perkembangan teknologi masa kini di tambah lagi masyarakat tanah air semakin mudah mendapat akses layanan jaringan internet, maka ini bisa menjadi pemicu perkembangan Google Adsense kedepannya. Apalagi saat ini banyak bermunculan perusahaan Startup yang mau tidak mau harus melakukan promosi melalui Google Adword dimana hal inilah yang bisa saja mendongkrak pertumbuhan Google Adsense itu sendiri termasuk para publishernya.

Sebelumnya, pihak google sendiri pernah mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah publisher mereka di seluruh dunia mencapai 2 juta. Jadi, jika  harus kita perkirakan jumlah publisher adsense untuk wilayah Indonesia saat ini mungkin hanya mencapai ribuan.  

Namun, setelah melihat beberapa tahun terakhir jumlah ini bisa di katakan tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan karena selain menerima publisher baru, pihak google juga melakukan beberapa pembersihan terhadap situs penayang iklan mereka  atau aksi banned setiap tahunnya. Ini mereka lakukan kepada setiap publisher yang memiliki blog atau website tetapi tidak mematuhi atau melanggar kebijakan mereka. Apalagi di tambah proses pendaftaran Google Adsense semakin sulit karena ulah para publisher itu sendiri.

Nah, kebetulan selama ini yang di kenal sebagai publisher paling nakal adalah para publisher yang bersal dari Indonesia dan kabar ini di peroleh dari salah seorang yang pernah diberitahukan oleh tim monetisasi Google Adsense yang juga merupakan orang Indonesia. Kebanyakan mereka (Publisher Asense) yang akunnya didisable, memperoleh email pemberitahuan Invalid Activity. Artinya mereka tidak mendapat kesempatan lagi untuk bergabung dengan program ini.

Walaupun demikian, ada juga publisher asal dari Indonesia yang sampai saat ini masih bertahan karena memilih menaati aturan Google Adsense dan terus bersabar. Alhasil mereka juga memperoleh pendapatan yang tidak kalah dari pera Publisher Adsense yang berasal dari luar negeri. Dan sampai sekarang ini sudah banyak yang berhasil dari Program Google Adsense tapi saya tidak akan menyebutkan nama mereka satu persatu di sini. Jika penasaran silahkan cari tahu di forum IPAD atau search aja di google.


Cara mengikuti program Google Adsense

Sebelum mengikuti program Google Adsense yang paling penting untuk di lakukan adalah mencari tahu apa saja syarat dan ketentuan Google Adsense itu sendiri. Karena jika tidak demikian kita tidak akan pernah lolos seleksi atau proses pendaftaran program periklanan tersebut. Apalagi sekarang proses pendaftarannya sudah semakin ketat karena meningkatnya para pendaftar dari bebrbagai negara, sehingga para tim kebijakan Google Adsense benar-benar menyeleksi dengan baik blog atau website yang layak menjadi partner mereka. Jadi pada tahap ini pelajari dulu hal tersebut.

Syarat dan Kebijakan Google Adsense 

Syarat dan kebijakan Google Adsense bisa di lihat dari Kebijakan program Adsense. Semua yang tertera di sana harus dipenuhi oleh setiap publisher yang ingin  mendaftarkan blog atau webnya. Walaupun memiliki aturan yang ketat, program ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran banyak para Blogger yang memilih untuk mencobanya karena selain benar-benar gratis, menjadi seorang Publisher Adsense bisa memberikan keuntungan yang tidak terbatas. Bahkan pihak Google Adsense sudah memberikan bukti dengan mengumumkan kesuksesan para publishernya.

Namun, hal inilah yang mendorong para publisher lainnya yang tidak sabar dan menghalalkan segala cara seperti melanggar kebijakan dari program ini. Oleh karena itu, sebelum bergabung menjadi publisher atau penayang Google Adsense usahakan benar-benar memahami setiap ayarat dan kebijakannya. Karena itu satu-satunya ayarat yang bisa membuat kita bertahan lama menjadi partner yang baik bagi mereka.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Adsense itu adalah hal yang mudah di lakukan bahkan tidak butuh waktu 30 menit. Tapi yang sulit itu adalah membangun sebuah blog yang sesuai dengan kriteria Google Adsense dan menunggu proses reviewnya yang kadang kala bisa sampai berbulan-bulan bahkan ada publisher yang curhat mengatakan blognya menglami masa review hingga setahun. Tapi ada juga yang beruntung hanya beberapa jam saja sudah di terima sepenuhnya oleh pihak Google Adsense karena mungkin memiliki faktor LY atau Lucky You.

Namun tidak usah di pikirkan dulu hal tersebut karena setiap orang memiliki garis tangan yang berbeda. Karena paling penting adalah memiliki sebuah blog atau website dulu. Jika sudah punya yang lama juga tidak apa-apa asal sudah memenuhi syarat dan kebijakan yang di sebutkan di atas tadi. Jika belum memilikinya sama sekali maka silahkan mempelajari Cara Membuat Blog Gratis dan Menjadikannya Sukses Menghasilkan Uang.

Jika sudah memenuhi semuanya, silahkan ikuti di bawah ini cara terbaru mendaftarkan blog atau website ke Google Adsense lewat Blogger.

  1. Pada halaman Blogger atau blog anda pilih Earning.
  2. Mendaftar Adsense.
  3. Klik Sign in, lalu lihat pada kanan atas pilih Indonesia.
  4. Situs web saya, isikan dengan Url blog atau website anda.
  5. Bahasa konten, maksudnya bahasa postingan artikel blog atau web anda, pilih bahasa Inggris atau Indonesia.
  6. Klik, Setuju Pengaitan.
  7. Country or teritory, Isikan Indonesia.
  8. Times, pilih (UTC+07:00) Jakarta.
  9. Account type, klik lingkaran Individual.
  10. Nama dan alamat, Isikan sesuai data KTP (Wajib).
  11. Kontak utama, isikan nama anda pada kolom pengisian pertama, lalu no Hp yang aktif pada kolom pengisian kedua, kemudian alamat email pada kolom pengisian ketiga.
  12. Preferensi Email Adsense, Pilih atau klik pada lingkaran Ya untuk ke lima-limanya.
  13. Kirim permohonan saya.

Demikian cara daftar blog ke Google Adsense 2017 melalui akun Blogger. Untuk website di luar blogger langkahnya hampir sama, hanya saja pendaftarannya melalui halaman resmi Google adsense. Selanjutnya, tinggal menunggu notifikasi balasan dari pihak Google Adsense yang memberitahukan bahwa pendaftaran adsense anda telah lolos uji review tahap awal atau pertama.

Jika diterima biasanya diminta meletakan kode iklan adsense pada halaman blog atau website anda. Kemudian, kembali berharap dan menunggu lagi review kedua atau tahap akhir. Disinilah prosesnya bisa sampai berbulan-bulan. Tapi jika beruntung, tidak butuh waktu lama atau hanya beberapa jam saja bisa langsung dapat ucapan selamat!

Walaupun sudah di terima full approve oleh Google Adsense, jangan senang dulu karena perjuangan sebenarnya baru dimulai. Bahkan menurut beberap Blogger inilah pertempuran yang sesungguhnya, Semoga Sukses!.

Post a Comment

0 Comments